sitemap

Konsep Dasar dan Pengertian PAUD. Pentingnya mengenal dan mengetahui segala sesuatu tentnag PAUD hal tersebut patut dijadikan salah satu tuntutan bagi mereka yang berkecimpung di Dunia Pendidikan Anak Usia Dini.

pengertian dan konsep dasar PAUD

Pentingnya mengenal dan mengetahui segala sesuatu tentnag PAUD hal tersebut patut dijadikan salah satu tuntutan bagi mereka yang berkecimpung di Dunia Pendidikan Anak Usia Dini. Mari kita bahas poin penting tentang Pengertian Konsep Dasar Paud itu seperti apa? - website pendataan PAUD

Pengertian PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan yang memberikan pengasuhan, perawatan, dan pelayanan kepada anak Usial Lahir sampai 6 tahun. Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki sekolah dasar dan kehidupan tahap berikutnya. Bunda juga bisa mengetahui lebih jauh mengenai PAUD di wikipedia.

Konsep Dasar PAUD

Hakikat Anak Berkaitan dengan Anak Usia Dini
Anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan. Ia memiliki karakteristik  yang  khas dan  tidak sama dengan orang dewasa serta akan berkembang menjadi manusia dewasa seutuhnya. Dalam hal ini anak merupakan seorang manusia atau individu yang memiliki pola perkembangan dan kebutuhan tertentu yang berbeda dengan orang dewasa. Anak memiliki berbagai macam potensi yang harus dikembangkan. Meskipun pada umumnya anak memiliki pola perkembangan yang sama, tetapi ritme perkembangannya akan berbeda satu sama lainnya karena pada dasarnya anak bersifat individual.

Anak usia dini adalah  sosok individu yang sedang menjalankani proses perkembangan dengan pesat dan sangat fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia  0 – 8 tahun (NAEYC, 1992). Pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek seperti: fisik, sosio-emosional, bahasa dan kognitif sedang mengalami masa yang  tercepat dalam  rentang perkembangan hidup manusia (Berk,1992). Anak usia dini terbagi menjadi 4 (empat) tahapan yaitu masa bayi dari usia lahir sampai 12 (dua belas) bulan, masa kanak-kanak/batita dari usia 1 sampai 3 tahun, masa prasekolah dari usia 3 sampai 5 tahun dan masa sekolah dasar dari usia 6 sampai 8 tahun. Setiap tahapan usia yang dilalui anak akan menunjukkan karakteristik yang berbeda. Proses pembelajaran sebagai bentuk perlakuan yang diberikan pada anak  haruslah memperhatikan karakteristik yang dimiliki setiap tahapan perkembangan. Apabila perlakuan yang diberikan tersebut tidak didasarkan pada karakteristik perkembangan anak, maka hanya akan menempatkan anak pada kondisi yang menderita.

Berkaitan dengan anak usia dini, terdapat beberapa masa yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi bagaimana seharusnya seorang pendidik menghadapi anak usia dini, sebagai berikut:

1. Masa Peka
2. Masa Egosentris
3. Masa Meniru
4. Masa Berkelompok
5. Masa Bereksplorasi
6. Masa Pembangkangan

Dari sederetan deskripsi yang menjelaskan  Pengertian PAUD dan Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini di atas, kami harapkan Bunda Aynda yang ikut menjadi tenaga kependidikannya bisa bertambah wawasan.
ini termasuk ke dalam referensi materi Download File, Istilah PAUD, PAUD, PAUD Kurikulum 2013 diupload ke Google Drive pada Minggu, 30 Oktober 2016 disediakan untuk membantu meringankan Guru PAUD dalam mempersiapkan Berkas Administrasinya.
Share To:

Desain Rumah

Post A Comment:

0 comments so far,add yours